search-button

Cara Menyetem Senar Gitar Dengan Mudah

   
Untuk cara menyetem senar gitar dengan mudah, anda tidak perlu repot – repot menyediakan alat bantu lainnya, anda hanya perlu menyimak pembelajaran di bawah ini dengan baik, karena di bawah ini terdapat cara menyetem senar gitar dengan mudah dan benar. Mungkin anda telah mengetahui kunci / chord gitar yang telah anda pelajari sebelumnya, namun harus perlu anda tahu, bahwa sebenarnya yang harus diperhatikan terlebih dahulu adalah cara menyetem senar gitar dengan baik dan benar. Dengan begitu anda akan mudah belajar gitar secara otodidak.

Untuk belajar gitar bagi pemula, tentunya tidak terlalu sulit walaupun pembelajaran gitarnya dilakukan secara otodidak. Ada beberapa cara pembelajaran gitar yang pada umumnya selalu diabaikan, salah satunya ialah cara menyetem senar gitar. Tentunya ingin mengenal lebih jauh lagi tentang gitar, namun perlu anda ketahui bahwa sebenarnya cara menyetem senar gitar itu sangatlah mudah, untuk lebih jelasnya lagi anda bisa menyimak pembelajaran di bawah ini!

Cara Menyetem Senar Gitar Dengan Mudah

  1. Stem Senar (1 – E). Kencangkan senar sesuai feeeling anda, namun jangan terlalu kencang ataupun sebaliknya. (Senar bawah paling tipis).
  2. Stem Senar (2 – B). Jika pada steam senar ke 1 sudah pas menurut anda, maka selanjutnya anda tekan fret ke 5 pada senar ke 2 dan bunyikan. Sesuaikan nada bunyi yang terdengar sama dengan bunyi senar ke 1 dan pastikan anda tidak menekan fret pada bagian senar ke 1, biarkan kosong tanpa tekanan.
  3. Stem Senar (3 – G). Tekan fret ke 4 pada senar ke 3 dan bunyikan. Sesuaikan nada bunyi terdengar sama dengan bunyi senar ke 2 dan pastikan juga anda tidak menekan fret pada bagian senar ke 2, biarkan kosong tanpa tekanan.
  4. Stem Senar (4 – D). Tekan fret ke 5 pada senar ke 4 dan bunyikan. Sesuaikan dana bunyi terdengar sama dengan bunyi senar ke 3, pastikan anda tidak menekan fret pada bagian senar ke 3, seperti sebelumnya biarkan kosong tanpa tekanan.
  5. Stem Senar (5 – A). Tekan fret ke 5 pada senar ke 5 dan bunyikan. Sesuaikan nada bunyi terdengar sama dengan bunyi senar ke 4, lalu pastikan anda tidak menekan fret pada bagian senar ke 4, biarkan kosong tanpa tekanan.
  6. Stem Senar (6 – E). Untuk senar paling atas dan tebal anda harus menekan fret ke 5 pada senar 6 lalu bunyikan. Sesuaikan nada bunyi terdengar sama dengan bunyi senar ke 5, pastikan juga anda tidak menekan bagian pada senar ke 5. Biarkan seperti sebelumnya, kosong tanpa tekanan.
"Untuk Lebih jelasnya lagi anda bisa melihat gambar di bawah ini !"
Menyetem Gitar
Bagaimana dengan pembelajaran menyetem senar ini? Sangat mudah sekali bukan? Anda hanya perlu melakukan tahap demi tahap secara sederhana. Dengan begitu, anda tidak perlu merepotkan atau memerlukan properti lain lagi untuk menyetem senar gitar dengan mudah. Walaupun memang sudah banyak cara menyetem senar gitar menggunakan alat bantu lainnya, namun akan lebih praktis lagi jika anda benar – benar mengetahui cara menyetem senar gitar yang benar secara manual, seperti hal nya cara di atas.

Baca juga: