search-button

Mengenal Fungsi Bagian - Bagian Yang Terdapat Pada Piano

   
Untuk menjadi seroang pianis, terlebih dahulu anda harus mengenal funngsi bagian - bagian yang terdapat pada piano. Bukan hanya bagian – bagian saja, tetapi anda harus tahu fungsi dan cara penggunaannya. Banyak orang yang ingin belajar bermain alat musik ini, namun kadang mereka tidak pernah berpikir tentang bagian yang seharusnya mereka pahami dahulu. Terutama untuk pemain piano pemula, mereka kebanyakan ingin belajar secara langsung, tanpa ingin terbelit – belit mengenal fungsi bagian - bagian yang terdapat pada piano.
Untuk itu saya sarankan kepada anda. Jika anda seorang pemain piano pemula, maka anda harus belajar secara bertahap. Terlebih dahulu anda harus mengetahui bagian – bagian serta fungsi yang terdapat pada alat musik piano. Untuk mempermudah anda memulai belajar, saya akan memberi info tentang bagian – bagian yang terdapat pada alat musik piano, beserta fungsi dan kegunaanya.

Mengenal Fungsi Bagian - Bagian Yang Terdapat Pada Piano

Mengenal Fungsi Bagian - Bagian Yang Terdapat Pada Piano
  • Bagian 1. Apakah anda tahu Tuts Piano?
  • Tuts piano adalah papan yang mempunyai dua warna, yaitu hitam dan putih. Sebenarnya awal munculnya piano mempunyai tuts yang berwarna putih saja, namun bisa dibilang tidak terlihat indah dan mungkin rumit untuk belajar, maka dibuatlah dengan keserasian tuts hitam, dan memudahkan kita untuk mengenal tuts – tuts nada yang akan kita tekan.
  • Bagian 2. Martil, apa saja kegunaan martil ?
  • Martil adalah bagian yang menghasilkan suara saat tuts papan piano kita tekan. Saat kita menekan tuts, bagian tuas akan mendorong bagian martil yang bekerja untuk memukul dawai piano.  Apa Martil tokoh utama dari piano?
  • Bagian 3. Bagian martil bukanlah tokoh yang utama di alat musik piano. Tetapi yang lebih utama adalah dawai piano. Dawai merupakan senar yang menjadi bagian utama di alat musik piano. Terjadinya bunyi yang berdenting adalah saat bagian martil memukul bagian dawai piano.  
  • Bagian 4. Untuk menghasilkan suara yang bergema, tentu saja membutuhkan ruangan yang sesuai dengan kebutuhan. Jadi, saat dawai dipukul oleh martil, maka suara yang dihasilkan akan diteruskan ke ruang kecil yang telah tersedia di bagian body piano. Jadi apa bagian yang ke empat? Tentu saja bagian keempat itu adalah body piano.
  • Bagian 5. Selanjtunya dibagian kelima adalah Pedal. Pedal adalah bagian yang mengatur semua dentingan yang keluar dari piano. Dengan pedal kita bisa mengatur suara lembut ataupun kasar, bisa juga tinggi – rendahnya suara kita atur dengan cara menekan pedal yang berada dibagian bawah kaki kita. Lalu apalagi selanjutnya?
  • Bagian 6. Tutup Piano. Bentuk tutup dari sebuah upright piano dan sebuah grand piano sangatlah berbeda. Tutup upgright piano dapat dibuka secara lebar ke atas, yang berguna untuk menghasilkan suara yang lebih keras. Sedangkan untuk menjernihkan suara yang keluar dari upright piano, anda bisa membuka bagian depan tutup piano. Dan untuk tutup grand piano? Anda bisa mengatur tinggi – rendahnya bunyi dengan cara membuka dan menutup bagian tutup piano. semakin anda mengangkat tinggi tutupnya, maka semakin jernih juga suara yang dihasilkan. Dan semakin anda menurunkan atau merendahkan bagian tutup piano, maka semakin lembut pula bunyi yang keluar dari piano.
  • Bagian 7. Bagain terakhir atau bagian ke tujuh adalah kaki piano. Bagian kaki piano tidak begitu berpengaruh pada dentingan suara yang dikeluarkan oleh piano. tetapi kaki piano merupakan khiasan yang akan mempercantik bagian alat musik piano.

Jika anda telah mengenal fungsi dari bagian – bagian yang terdapat pada piano, maka anda akan mudah untuk mempelajari bagaimana cara bermain piano yang benar. Untuk itu saya sarankan pada anda khususnya pemain piano pemula, terlebih dahulu haruslah mengenal fungsi bagian - bagian yang terdapat di atas.

Baca juga: