search-button

Belajar Bermain Saxophone Secara Otodidak

   
Bagaimana cara bermain saxophone untuk pemula? Apa kita bisa belajar bermain saxophone secara otodidak? Untuk belajar bermain saxophone tentunya tidak begitu sulit, karena saya akan memberikan sedikit teknik untuk anda. Bisa bermain saxophone adalah hal yang sangat menyenangkan, karena alat musik ini terbilang sangat istimewa, disamping itu pula alat musik ini dimainkan oleh orang – orang yang berjiwa musikalitas sangat tinggi.

Belajar bermain saxophone secara otodidak ataupun pemula, tentunya harus mempunyai skill dasarnya terlebih dahulu, tidak mungkin harus memulai dengan meniup saja. Di bawah ini saya akan memberi teknik – teknik belajar saxophone dengan baik dan benar, sangat cocok untuk pemula yang sedang belajar bermain saxophone secara otodidak.

Belajar Bermain Saxophone Secara Otodidak

Pengertian Reed dan Mouthpiece – Untuk memainkan alat musik, tentunya anda harus mengenali terlebih dahulu bagian – bagian yang terdapat pada jenis alat musik yang akan dimainkan. Seperti hal anda yang sekarang sedang belajar alat musik saxophone, anda harus mengenal Mouthpiece dan Reed. Mouthpiece adalah jenis dan tip opening, sedangankan Reed disebut dengan ukurang tegangan. Disini saya akan menjelaskan cara meletakkan dan memasangkan Reed di Mouthpiece. 
Mouthpiece. Mouthpiece merupakan bagian alat penghasil bunyi yang digabungkan dengan Reed (bilih) terbuat dari bahan olahan bambu.
Mouthpiece
Reed. Bilih bambu yang menyerupai seperti sendok es cream mempunyai bahan yang tipis pada bagian ujungnya. Reed adalah komponen pembangkit suara yang bergetar dan reed inilah yang menghasilkan bunyi saat mouthpiece ditiupkan
Reed
 Cara meletakkan Reed. Anda bisa melihat cara pemasangan reed pada gambar di bawah ini !
Pemasangan Reed ke Mouthpiece
Reed digabungkan pada bagian Mouthpiece lalu pasangkan Ligature dengan cara yang benar. Ligature “cincin logam” yang berfungsi sebagai pengikat Reed dengan Mouthpiece. Untuk lebih mudah mengenali karakter pada saxophone, sebaiknya anda mengukur kekuatan nafas dengan memilih Mouthpiece dan Reed yang sesuai. Reed memiliki beberapa ukuran, yaitu (1 – 1 1/2 – 2 – 2 1/2 ) dan 3 (ukuran paling tebal)

Teknik Pernapasan. Pada umumnya, teknik dalam pernapasan yang baik adalah menggunakan napas perut dan pernapasan dada, yang berarti bagian perut mampu menampung 12 liter udara, sedangkan dada hanya menampung 5 liter udara. Untuk cara berlatih pernafasan, anda bisa menyimak pengertian di bawah ini.
  • Cara Bernafas Perut. Tarik napas melalui mulut lalu simpan ke dalam perut, sehingga perut cenderung membesar, lalu keluarkan napas dengan mendesis secara perlahan dan berulang – ulang.
  • Cara Bernafas Dada. Tarik napas melalui mulut lalu simpan ke dalam dada, sehingga dada membesar, lalu keluarkan napas dengan mendesis secara perlahan seakan dada memompa udara keluar sebagian.
Pernapasan perut adalah cara yang paling bagus untuk anda, karena pernapasan perut mampu mengeluarkan udara yang lebih kuat dan panjang, sedangkan pernapasan dada hanya boleh digunakan dalam keadaan medesak, saat kita mengambil napas dengan cepat.

Itulah sedikit teknik cara belajar bermain Saxophone secara otodidak, anda bisa terus berlatih seperti teknik – teknik diatas. Jika anda telah menguasai tahap – tahap dasar bermain saxophone yang benar, maka anda akan lebih mudah mempelajari tahap selanjutnya. Saya akan terus memberi pembelajaran tentang alat musik saxophone ini, terutama untuk anda seorang pemula yang sedang belajar bermain saxophone secara otididak. Jadi, tunggu pembelajaran saya selanjutnya !

Baca juga: