search-button

Belajar Alat Musik Keyboard Untuk Pemula

   
Tips Belajar Alat Musik Keyboard Untuk Pemula - Keyboard merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara menekan papan tuts, sama hal-nya seperti alat musik piano. Keunggulan keyboard adalah memiliki beragam jenis suara yang tidak bisa didapatkan di alat musik piano. Alat musik keyboard mempunyai suara, seperti : suara biola, gitar, drum, suling, terompet dan alat musik yang lainnya, bahkan sampai suara perkusi juga ada. Dengan alat musik keyboard, kita bisa membuat instrument musik layaknya sebuah band lengkap.
Tips Belajar Alat Musik Keyboard Untuk Pemula
Tips Belajar Alat Musik Keyboard Untuk Pemula
Jika anda berminat untuk belajar bermain alat musik keyboard, alangkah baiknya anda kenali dulu beberapa kekurangan dan kelebihan keyboard. Untuk seorang pemula mungkin bisa memulai teknik belajar keyboard dengan membeli buku atau membuka website yang menyediakan tutorial cara bermain keyboard. Namun sebenarnya anda tidak perlu khawatir, untuk anda yang ingin belajar alat musik keyboard secara otodidak, saya akan memberi beberapa tips dasar tentang teknik belajar keyboard untuk pemula.

5 Tips Belajar Alat Musik Keyboard Untuk Pemula

Sebenarnya untuk mengetahui cara bermain keyboard sangatlah mudah, anda hanya perlu meluangkan waktu unuk membaca teori, lalu mempraktekannya. Untuk memulai teori bermain keyboard bisa lihat penjelasan di bawah ini :
  1. Tips Teknik Pertama. Terlebih dahulu anda harus belajar mengenal kunci nada, dari mulai nada mayor sampai dengan nada minor. Contoh : kunci nada C , Dm , Em , F , G , Am dan yang lainnya. Keterangan : "Apabila tertulis kunci nada C maka disebut sebagai kunci nada C mayor, sedangkan jika tertulis kunci nada Cm disebut dengan kunci nada C minor".
  2. Tips Teknik Kedua. Untuk teknik kedua anda harus mengenal bagaimana cara mengoperasikan dan mengetahui jenis suara yang dapat dihasilkan oleh alat musik keyboard.
  3. Tips Teknik Ketiga. Untuk tips ketiga anda harus mengenal cara posisi jari tangan yang harus diletakan pada papan tuts nada yang berada pada alat musik keyboard. 
  4. Tips Teknik Keempat. Sedangkan untuk tahap ke empat, anda harus belajar senam jari, atau bisa juga disebut dengan fingering. Untuk belajar fingering anda bisa melakukan dan meniru sama hal nya dengan fingering piano. Karena tuts papan nada keyboard sama seperti alat musik piano. Jika anda telah menguasai tkenik fingering, maka jari jemari anda akan terasa lentur, dan sangat mudah untuk memulai mengenal kunci dasar keyboard.
  5. Tips Teknik Kelima. Jangan dulu terburu – buru untuk mulai memainkan sebuah lagu. Tetapi, terlebih dahulu anda harus menguasi kunci dasar keyboard. Seperti hal nya dalam tahap keempat, papan tuts nada yang dimiliki keyboard sama seperti papan tuts alat musik piano. Jadi, kunci dasarnya pun sama dengan kunci dasar piano. ini bukan mengenal seperti tahap ke satu, tapi ini menguasi dan menghapal kunci dasar keyboard.

Mungkin sebenarnya ini bukan 5 tips teknik belajar alat musik keyboard untuk pemula. Tapi, bisa dibilang 6 tips teknik belajar musik keyboard untuk pemula. Namun saya meringkas judul tersebut supaya anda dapat lebih memahami cara bermain keyboard. Jika 5 teknik tersebut sudah anda kuasai, sebaiknya anda mulai belajar keyboard dengan memainkan sebuah lagu yang memiliki kunci nada yang standard dan mudah dihapal atau silahkan baca terlebih dahulu tentang pengertian alat musik keyboard.

Baca juga: