search-button

Mengenal Bagian Dasar Yang Terdapat Pada Alat Musik Gitar

   
Sebelum kita belajar gitar secara otodidak, alangkah baiknya kita mengenal beberapa bagian yang terdapat pada gitar, serta fungsi dan kelebihannya. Di bawah ini saya menyertakan gambar dan icon nomer yang menunjukan nama bagian yang tertera di bawah ini.

Mengenal Bagian Dasar Yang Terdapat Pada Alat Musik Gitar

 (1) Tuning Machine adalah bagian yang terdapat pada alat music gitar, tuning machine mempunyai fungsi untuk mengatur tinggi rendahnya tegangan senar. Tuning machine juga mempunyai fungsi sebagai ornament hiasan pada bagian headstock gitar. (2) Nut adalah perangkat untuk bersandarnya string, sehingga kerapatan string tetap terjaga satu dengan yang lainnya, nut memiliki dua jenis yaitu, tanpa pengunci dan dengan pengunci, sering di sebut juga sebagai string locking bridge. Nut yang dengan pengunci lebih unggul dari pada yang tanpa pengunci dan memiliki kelebihan bisa mengunci string agar tuningnya tidak mudah berubah dan nada akan lebih konstan.

 (3) Soundboard adalah bagian yang terpenting dari alat musik gitar akustik. Sounboard merupakan bagian yang berada pada papan  depan gitar serta berfungsi sebagai output yang memperkuat suara. (4) Soundhole  adalah lubang untuk menghubungkan kabel sound pada amply gitar. (5) Rosette adalah bagian yang mempunyai ornament lubang suara yang berada di pinggir gitar dan merupakan salah satu hiasan pada gitar akustik. (6) Head mempunyai fungsi sebagai  tempat pengaturan tuning atau bisa di artikan bagian kepala gitar. (7) Fret mempunyai fungsi sebagai pembagi fingerboard yang terbuat dari bahan baja, yang  menjadikan beberapa kolom dan menghasilkan bunyi nada yang berbeda.

Mengenal Bagian Dasar Yang Terdapat Pada Alat Musik Gitar
(8) Neck adalah bagian leher yang terbagi dengan beberapa bagian. Diantaranya: fingerboard, Fret, Nut dan Tuners. (9) Heel adalah bagian ujung leher gitar yang tergabung dengan bodi gitar. (10) Body adalah bagian dari tubuh gitar. Body gitar pada umumnya terbuat dari kayu yang berpengaruh pada kualitas suara. (11) Ribs merupakan bagian penyangga yang berguna untuk menahan gitar dipaha, saat memainkan gitar. (12) Bridge adalah bagian untuk menahan suara pada body gitar, dan juga sebagai salah satu tempat penyimpanan whammy bar.

Itulah beberapa bagian dasar gitar dan mempunyai kegunaannya masing – masing . Jika anda telah mengetahui tentang bagian – bagian yang ada pada gitar, maka untuk tahap selanjutnya adalah belajar senam jari atau fingering alat musik gitar. Belajar gitar secara otodidak khususnya untuk para pemula sangatlah memerlukan tahap demi tahap. Jadi, anda harus bersabar dan lebih giat lagi dalam belajar.