search-button

Mengenal Bagian - Bagian Serta Fungsi Yang Terdapat Pada Drum Set

   
Untuk anda yang ingin belajar cara bermain drum, bisa mengenali dulu beberapa bagian yang terdapat pada alat musik drum. Bukan hanya bagian, tetapi anda juga harus tahu fungsi serta karakter yang terdapat pada bagian alat musik drum. Untuk anda seorang pemain drum pemula atau yang sedang belajar drum secara otodidak, terlebih dahulu bisa  mempelajari dengan mengenal bagian - bagian serta fungsi yang terdapat pada drum set di bawah ini !

Mengenal Bagian-Bagian Dan Fungsi Yang Terdapat Pada Drum Set

Bass Drum adalah bagian yang merupakan frekuensi suara paling rendah, oleh karena itu bass drum tidak terlalu menghasilkan suara yang begitu keras. Fungsi dari bass drum adalah sebagai penanda berat atau ketukan dari permainan berat. Snare Drum adalah salah satu bagian pokok dari drum set, karena snare drum memiliki frekuensi suara yang tinggi di bandingkan dengan drum set lainnya.Snare Drum juga dilengkapi dengan dua buah membrane yang berfungsi untuk menghasilkan suara dengan cara di pukul. Karakteris suara yang keluar dari snare drum dapat di pengaruhi dari ketebalan membran.  Apabila ukuran membrane semakin tipis, maka suara yang di hasilkan akan sedikit lebih renyah, krispy (overtunes warm) dan sustain lebih panjang. Sama juga dengan bass drum, head pada bagian snare juga dikunci dengan hoops.

Tom  – Tom merupakan salah satu bagian drum set yang tidak kalah penting dari bagian drum set lainnya. Tom – tom mempunyai fungsi sebagai bagian yang mampu memberikan warna variasi saat bermain alat musik drum. Floor Tom tidak beda jauh dengan tom – tom. Posisi dari floor tom biasanya berada di bagian kanan belakang drum set. Cymbal merupakan bagain yang terpenting dalam permainan alat musik drum. Cymbal di jadikan sebagai alat pengatur tempo permaian, efek dan perlengkapan permainan drum set. Stand merupakan penyimpanan beberapa bagian yang terdapat pada drum set. Pedal adalah bagaian yang berfungsi untuk memukul bagian dari bass drum. Pedal terdiri dari empat bagian pokok. Diantaranya: pegas/per, beater (pemukul) serta chain (rantai penarik). Pedal merupakan bagian drum set yang vital karena berperan sebagai beat dalam permainan alat musik drum.
Mengenal Bagian - Bagian Serta Fungsi Yang Terdapat Pada Drum Set
Sudah saya jelaskan di atas, bahwa setiap bagian yang terdapat pada drum set memiliki fungsi, karakter dan cara penggunaannya masing - masing. Jadi, teori ini sangatlah penting bagi anda yang ingin memulai belajar alat musik drum, terutama untuk pemula. Baca juga: