search-button

Teknik Bermain Biola Yang Benar dan Mudah Untuk Pemula

   
Ini adalah teknik bermain biola yang benar dan mudah untuk pemula. Semakin banyak pecinta alat musik biola ini, namun kebanyakan dari mereka tidak tahu bagaimana cara menggunakan dan memainkannya. Untuk itu saya akan memberikan tips, tentang teknik cara bermain biola yang benar dan mudah, khususnya untuk para pemain biola pemula.

Teknik Bermain Biola Yang Benar dan Mudah Untuk Pemula

1. Kencangkan Bagian Bow
  • Rambut pada bow biasanya selalu dibiarkan lemas jika saat tidak dipakai. Karena itu,  sebelum kita memulai, terlebih dahulu Anda harus mengencangkannya. Caranya dengan memutar skrup yang ada pada bagian ujung bow, putar hingga tercipta jarak antara rambut dengan tangkai bow. Kira-kira selebar lingkaran pensil.
  • Jangan mengukur dengan jari kelingking, karena minyak alami pada kulit jari bisa menempel pada bagian rambut bow. Untuk menghasilkan suara yang baik, rambut bow harus selalu terjaga dengan bersih dan kering.
 2. Gosok Bagian Rambut Bow Dengan Rosin
  • Kebanyakan rosin terdiri dari dua jenis, yaitu warna gelap dan warna cerah. Tujuan menggosok bagian rambut bow dengan rosin ini adalah agar bagian rambut bow menjadi sedikit lengket, dengan begitu kita dapat mencengkeram senar biola saat digesekan.
  • Gosok bagian rambut bow dengan rosin secara lembut dari ujung ke ujung. Cukup lakukan 3 sampai 4 kali saja.

3. Stem Senar Biola
  • Setiap akan memainkan biola, Anda perlu menyetem senar biola terlebih dahulu, agar biola menghasilkan nada yang benar dan sesuai. Urutan nada pada senar biola mulai dari nada terendah hingga yang tertinggi adalah G - D - A - E.
  • Anda dapat menggunakan tuner listrik ataupun peluit nada untuk membantu menyetem senar biola. Putar alat tuning yang berada pada ujung leher biola hingga Anda mendapatkan nada yang tepat.
Belajar Bermain Biola Untuk Pemula
4. Memegang Bagain Bow
  • Letakkan jari telunjuk Anda pada pegangan tongkat sedangakan ibu jari untuk menahannya pada arah yang berlawanan, dan posisi jari tengah hingga kelingking adalah satu jajar dengan jari kelingking. Pastikan juga posisi jari kelingking agak sedikit mendapat lengkungan.
5. Memegang Bagian Biola
  • Berdiri dengan posisi punggung harus lurus. Pegang bagian leher biola dengan tangan kiri dan letakkan pantat biola pada tulang bahu serta menempel pada bagian leher.
  • Jepit biola dengan tulang rahang anda. Fungsinya agar posisi biola bisa stabil dan tidak meleset.
6. Posisi Tangan Yang Benar
  • Pastikan tangan kiri memegang biola, posisi telapak tangan sedikit di bawah dagu, sehingga posisi biola bisa sejajar dan lurus.
7.Memulai Menggesek Senar Biola
  • Mulailah Anda gesek senar biola dalam keadaan kosong (tanpa ditekan). Geseklah dengan tekanan panjang dan pendek. Dengan ini Anda akan belajar mendapatkan tekanan suara yang sesuai.

Itulah beberapa teknik bermain biola yang benar dan mudah untuk para pemula, semakin anda mengetahui teknik - teknik bermain biola yang benar, maka permainan biola anda akan terus meningkat. Usahakan agar waktu latihan anda efktif dalam belajar bermain biola. Teruslah berlatih agar permainan biola Anda bisa berdawai dengan suara yang sangat merdu ditelinga.

Baca juga: