search-button

3 Cara Mudah Belajar Harmonika Untuk Para Pemula

   
Bagaimana Belajar Bermain Harmonika Secara Otodidak Bagi Pemula? Ini adalah pertanyaan yang sangat wajar dan selalu saja menjadi pertanyaan tanpa jawaban. Dengan adanya pertanyaan ini, saya akan memberi jawaban sebagai sarana pembelajaran alat musik harmonika bagi anda. Cara mudah untuk belajar bermain harmonika bisa anda simak beberapa penjelasannya nanti di bawah ini.  Selain anda bisa mengenal alat musik harmonika, anda bisa juga belajar bermain harmonika dengan cara mudah dan benar.

Harmonika adalah alat musik yang mempunyai ukuran kecil, alat musik serbaguna yang yang kebanyakan dimainkan di berbagai kebudayaan seluruh dunia. Meskipun mungkin tampak membingungkan untuk belajar pada pengenalan pertama, khususnya bagi pemula yang belajar harmonika secara otodidak. alat musik harmonika ini sebenarnya merupakan instrumen yang sangat mudah dan menyenangkan untuk dipelajari. Untuk lebih lengkapnya lagi, silahkan anda menyimak pembelajaran harmonika dengan baik dan benar, di bawah ini !

3 Cara Mudah Belajar Harmonika Untuk Para Pemula

1. Memilih Alat Musik Harmonika. Ada berbagai jenis harmonika yang tersedia di setiap tempat pembelian, begitu juga dengan variasi dan penggunannya. Untuk para pemain harmonika pemula, saya sarankan untuk memilih jenis diatonis atau kromatik, karena kedua jenis harmonika ini dapat digunakan untuk memutar musik paling polpuler, seperti blues pada umumnya. Jenis harmonika diatonis ini bisa dibilang jenis yang paling umum tersedia, dengan harga yang tentu saja termurah. Ini disetel ke tombol tertentu, yang tidak dapat diubah. Kebanyakan harmonika diatonis disetel ke tombol C. Jenis harmonika diatonis ini termasuk jenis "harmonika blues," yang "tremolo harmonika," dan "oktaf harmonika." Di dunia barat, harmonika blues umum, di Asia timur, harmonika tremolo terlihat lebih sering. Harmonika kromatik adalah jenis harmonika yang menggunakan alat mekanik untuk mengontrol lubang membuat kebisingan. Harmonika berwarna dasar dengan 10 catatan hanya dapat memainkan satu kunci penuh (sama dengan harmonika diatonis), tetapi kromatik dengan 12-16 lubang dapat disetel untuk tombol apa saja. kromatik jauh lebih mahal daripada kebanyakan harmonika diatonis. Sebuah istilah singkatan umum untuk harmonika adalah "harpa." Ini berasal dari nama tradisional lainnya, termasuk "kecapi Perancis". "Selama konteksnya jelas, kata-kata "harmonika" dan "kecapi" bisa digunakan secara bergantian. 

2. Cara Memegang Harmonika. Harmonika adalah instrumen buluh yang menggunakan alang-alang kuningan. Alang-alang adalah apa yang memisahkan udara Anda dengan mendorong atau menarik melalui lubang untuk membuat nada. Bagian pelat buluh yang terpasang di harmonika disebut sisir, dan biasanya terbuat dari plastik atau logam. Corong harpa dapat diintegrasikan ke dalam sisir, atau harmonika kromatik. Pelat penutup mencakup seluruh peralatan, dan dapat dibuat dari kayu, logam, atau plastik. Untuk memegang alat musik harmonika sangatlah berbeda – beda, tergantung kecocokan setiap pemainnya. Tetapi untuk anda para pemula, saya akan memberikan cara memegang harmonika yang sudah umum kebanyakan mereka (pemain harmonika professional), dengan cara seperti di bawah ini.
Cara Memegang Harmonika

3. Teknik Dasar Harmonika. Latihan dengan cara meniup dan mengambil udara dari nada, Do – Re – Mi – Fa – So – La – Si – Do, dengan catatan C = Tiup, E = Sedot, G = Tiup, C = Sedot, C  = Tiup, E = Sedot , G = Tiup, C = Sedot.
Tabulature Harmonika
Lakukan itu secara terus menerus, karena itu merupakan salah satu pembelajaran teknik pernafasan, khususnya untuk para pemula. Semakin anda menguasai teknik dasar pernafasan, maka secara bertahap anda akan mengenal kunci nada harmonika lebih jauh lagi. Dengan begitu anda bisa lebih mudah lagi dalam mengenal cara belajar bermain harmonika secara otodidak, khususnya bagi pemula. Jika pembelajaran harmonika di atas sudah anda pahami, sebaiknya anda harus tahu tentang Tips Merawat Harmonika Dengan Baik dan Benar. Sehingga anda akan mudah mengetahui cara menjaga dan merawat harmonika dengan baik dan benar.


Baca Juga: